Login | Registrasi

Mengenal Press Brake Bending

  • 05 Desember 2016
  • 20:57:08
  • dedipe
  • Teknologi

Mesin Press Brake digunakan untuk menekuk atau membending plat logam dengan sudut tertentu, flattening dan shearhing atau pemotongan.

Mesin Press Brake digunakan untuk menekuk atau membending plat logam dengan sudut tertentu, flattening dan shearhing atau pemotongan. Mesin ini banyak digunakan di industri besi dan baja.

Press brake bending adalah pekerjaan penekukan menggunakan penekan dan cetakan (die). Proses ini membentuk plat yang diletakkan diatas die lalu ditekan oleh penekan dari atas sehingga mendapatkan hasil tekukan yang serupa dengan bentuk die. Umumnya die berbentuk U, W, dan ada juga yang mempunyai bentuk lain sesuai kebutuhan. Begitu juga bentuk penekan (punch) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri.

Ditinjau dari sistem kontrolnya mesin press brake bending teknik plat ini terbagi menjadi 3 metode yaitu manual, numeric controller (NC), atau semi dan Computerized numerical controller (CNC).

 

Kemudian Mesin Press Brake dari Tenaga yang digunakan umumnya terbagi menjadi 3 tipe yaitu :

 

Mesin Tekuk Plat Manual

  • Mesin ini menggunakan tenaga manusia yang dibantu dengan bandul pemberat. Mesin ini tidak menggunakan sumber daya listrik sedikitpun murni menggunakan tenaga manusia.
    Kelebihan        : mesin ini adalah murah dan hemat biaya operasionalnya,
    Kekurangan     : hanya cocok untuk plat berbahan dasar mild steel tipis (tebal plat kurang dari 1-2 mm) atau alumunium.

Mesin Tekuk Plat Mekanikal

  • Mesin ini menggunakan tenaga motor listrik yang dibantu dengan semacam roda yang berfungsi sebagai pengumpul tenaga.
    Kelebihan        : mesin ini adalah berkecepatan tinggi dan tenaganya besar,
    Kekurangan     : konsumsi listriknya besar dan suaranya sangat berisik serta tingkat kepresisiannya rendah.

Mesin Tekuk Plat Hidrolik

  • Mesin ini menggunakan sistem hidrolik sebagai sumber tenaga penekuknya. Mesin ini membutuhkan daya listrik yang lebih efisien (dibandingkan tipe mekanikal) untuk menggerakkan pompa hidroliknya, mesin ini menggunakan fluida dalam sistem hidroliknya berupa oli hidrolik yang secara berkala harus diganti.

            Kelebihan        : mampu menekuk atau bending plat yang tebal (tergantung kapasitas  mesin) seperti mild steel, stainless steel dan alumunium, akurasinya                                     terkontrol.
           Kekurangan       : relatif lambat kerjanya, walaupun konsumsi listrik lebih efisien dibandingkan tipe mekanikal (tetapi ada tambahan biaya rutin untuk                                      penggantian oli)

 Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin press brake bending ini adalah sebagai berikut :

1. Tebal Plat yang akan dibending atau ditekuk

2. Panjang kerja bending atau tekukannya

3. Lebar V opening yang dipakai

4. Tensile Strength dari material yang dipakai


Sumber : steelindonesianews



Artikel Lainnya