Login | Registrasi

Mengenal Lebih Jauh 'Corrugated Steel'

  • 10 Desember 2016
  • 12:57:59
  • dedipe
  • Produk

Setiap orang pastinya sudah mengenal gorong-gorong dalam kehidupan sehari-hari. Gorong-gorong sendiri dapat dibuat dari berbagai jenis material, Baja, Polyvinyl chlorida (PVC), Beton.

Setiap orang pastinya sudah mengenal gorong-gorong dalam kehidupan sehari-hari. Gorong-gorong sendiri dapat dibuat dari berbagai jenis material, Baja, Polyvinyl chlorida (PVC), Beton.

Gorong-gorong baja atau Corrugated Steel Pipe memiliki karakter sebagai pengikat berbagai kepentingan dan manfaat, yakni irigasi/sanitasi, transportasi, listrik, telekomunikasi, air bersih dan layanan lainnya. 

Dunia modern sekarang mengandalkan gorong-gorong untuk fungsi lainnya, misalnya saluran kabel telepon, listrik atau air bersih.  Corrugated steel menjadi bagian yang sangat penting untuk dijadikan perlintasan yang tentunya menjadikan jalan lebih mudah untuk dilewati.

Corrugated steel baja biasanya digunakan oleh sebagian besar negara terutama di kota besar. Dengan kekuatan yang tinggi dari bahan baja dengan berat yang ringan, tahan gempa, dan sangat cocok untuk kondisi tanah yang lembek. Selain itu gorong-gorong jenis baja ini sangat ekonomis sehingga dapat mengurangi biaya pemeliharaan dan penggantian, dengan pemasangan yang sangat mudah. Peralatan dalam pemasangan menggunakan peralatan yang sederhana.

Selain untuk jalan, corrugated steel baja juga bisa dijadikan sebagai penyaluran air irigasi atau bendungan yang tentunya sangat berguna dalam penampungan air. Selain itu, Corrugated steel juga banyak digunakan dalam perlintasan kereta api. Di indonesia telah banyak konstruksi jalan menggunakan Corrugated steel karena kelebihan yang dimilikinya. Serta, pengeluaran yang tidak banyak sehingga banyak konstruksi jalan lebih memilih Corrugated steel ini. Biaya yang sedikit tentunya dan tahan lama.
 

Corrugated steel pipe memiliki 2 tipe:

  1. Tipe Nestable Flange ( Dua Tangkup)

Adalah bentuk yang paling sederhana dan serba guna. Tipe ini dapat digunakan untuk gorong-gorong, saluran, jembatan kecil dan tutup konveyor. Tipe Nestable Flange ini memiliki dimensi dengan diameter mulai dari 450 mm sampai 1800 mm dengan ketebalan plat 2 mm sampai 3,5 mm.

 Tipe Multi Plate

Tipe ini adalah pipa baja bergelombang yang dibuat dari lembaran-lembaran plat baja yang telah di galvanis dan dirakit menggunakan High Tensile Bolt. Tipe ini terdiri atas beberapa jenis : Multi Plate Pipe (Bulat), Multi Pipe Plate Arches (Oval), Multi Plate Arches, Multi Plate Underpass (oval) dan Multi Plate Super Span.


Sumber : steelindonesianews



Artikel Lainnya