Login | Registrasi

Besi Siku

  • 15 Desember 2016
  • 18:08:21
  • dedipe
  • Produk

Dalam dunia konstruksi besi, tentu ada banyak sekali istilah - istilah yang digunakan untuk menyebutkan jenis - jenis besi maupun hal - hal lain yang berhubungan dengan konstruksi besi.

Tentang Besi Siku

Dalam dunia konstruksi besi, tentu ada banyak sekali istilah - istilah yang digunakan untuk menyebutkan jenis - jenis besi maupun hal - hal lain yang berhubungan dengan konstruksi besi. Salah satunya adalah besi siku.lstilah ini tentu sudah tidak asing lagi dalam konstruksi besi. lstilah besi siku sesuai dengan namanya digunakan untuk menyebut besi yang memiliki bentuk siku - siku.

Besi siku sebenarnya adalah besi plat yang bentuknya siku atau memiliki sudut 90 derajat. Panjang besi siku ini biasanya adalah 6 meter. Besi siku digunakan untuk membuat rak besi, tower air, dan konstruksi besi lainnya. Besi siku juga memiliki ukuran Iebar dan ketebalan yang berbeda- beda sehingga konsumen bisa memilih besi sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi/Mutu (Grade)

Besi siku saat ini sudah banyak tersedia di toko- toko bangunan. Seperti disebutkan di atas ukuran besi siku cukup bervariasi yaitu mulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm. Selain itu ada pula besi siku lubang yaitu besi dengan bentuk siku namun di sepanjang besi tersebut terdapat lubang- lubang yang sama besar. Besi siku biasanya juga dikenal dengan equal angle bar. Sarna seperti besi - besi lainnya, besi siku juga memiliki kemampuan yang terbatas untuk menahan beban sehingga besi siku kurang cocok untuk digunakan dalam konstruksi- konstruksi besi yang terlalu berat. Ukuran besi siku yang bermacam- macam juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen. Walapun ukurannya bermacam­-macam, biasanya panjangnya sama yaitu 6 meter. Besi siku yang paling kecil adalah ukuran 20 mm x 20 mm dengan ketebalan 3 mm.

Aplikasi:

Besi siku biasanya digunakan untuk pembuatan rak maupun konstruksi besi lainnya. Jenis besi ini banyak digunakan karena profilnya yang kokoh dan tahan lama sehingga cocok untuk keperluan konstruksi jangka panjang karena bisa bertahan hingga bertahun - tahun.

Saat ini penggunaan besi siku juga mulai banyak digunakan untuk canopy perumahan karena sifatnya yang kokoh dan tahan lama. Sebenarnya besi siku memang sangat cocok untuk digunakan dalam struktur teknik dan pemakaian standar secara umum.

 


Sumber : Tabloid Steelindonesia



Artikel Lainnya