Login | Registrasi

Square Pipe

  • 03 Januari 2017
  • 16:00:04
  • dedipe
  • Produk

Salah satu material yang saat ini mulai banyak digunakan untuk rangka plafon adalah besi hollow/square pipe.

Salah satu material yang saat ini mulai banyak digunakan untuk rangka plafon adalah besi hollow/square pipe. Istilah besi hollow mungkin cukup asing dan sulit dimengerti.

Namun, ternyata besi hollow adalah besi yang berbentuk pipa kotak (square pipe). Squre pipe biasanya terbuat dari besi galvanis dan galvanum.

Pada mulanya bahan baku yang digunakan untuk pembuatan square pipe ini terbuat dari campuran zinc dan alumunium yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju karena kemampuannya yang tahan karat dan juga termasuk reflektor panas yang baik.  Square pipe memiliki beberapa keunggulan yang membuat jenis besi ini begitu banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa keunggulan square pipe diantaranya adalah tahan api, anti rayap, anti karat, proses pemasangan yang cepat, dan harganya cukup terjangkau.

Pemasangan square pipe bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang terlalu sulit. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan. Selain itu harga besi square pipe juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.

Square pipe selain untuk rangka plafon juga banyak digunakan untuk rangka dinding partisi sehingga nantinya bangunan menjadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat dan korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam.  Square pipe memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

Bahan Baku :

Hot Roll Coil

Proses Produksi :

Pasa mesin pembuat pipa, strip baja datar dibentuk terus menerus di sekitar sumbu longitudinal untuk menghasilakn tabung bulat.

Hal ini dilakukan dengan memindahkan strip melalui serangkaian progesif gulungan dan dilanjutkan dengan proses pembentukan tepi strip. Setelah itu dilakukan pengelasan dengan proses ERW. Setelah selesai, proses selanjutnya adalah pendinginan dilanjutkan serangkalan proses sizing/pembentukan tabung, menjadi pipa persegi.

Standart Mutu Square Pipe :

Standar Toleransi : JIS G 3466 / SNI 07-0068-2007 ; PKP 30, Standar Material : JIS G 3131 SPHC, SAE 1006 / SAE 1008.


Sumber : steelindonesianews



Artikel Lainnya