Login | Registrasi

Klasifikasi Sistem Produksi Berdasarkan Penggolongan Industri

  • 08 Maret 2018
  • 10:53:10
  • 4
  • Teknologi

Industri adalah bidang usaha atau kegiatan yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja dengan/tanpa dibantu alat-alat kerja untuk menghasilkan output yang bernilai tambah.

Industri adalah bidang usaha atau kegiatan yang menggunakan ketrampilan dan ketekunan kerja dengan/tanpa dibantu alat-alat kerja untuk menghasilkan output yang bernilai tambah. Industri menjadi mata rantai usaha dalam menghasilkan produk yang berfungsi untuk membantu manusia.

Rantai pasok mencakup semua fasilitas, fungsi dan aktifitas yang terlibat dalam produksi dan pengiriman sebuah produk atau jasa dari para supplier ke konsumen. Rantai pasok memiliki sifat yang dinamis namun melibatkan tiga aliran yang konstan, yaitu aliran informasi, produk dan uang. Pada manajemen rantai pasok diperlukan berbagai macam indikator yang mempengaruhi yaitu pemilihan alat transportasi, pemilihan pemasok, waktu, serta biaya.

Sistem Produksi acapkali merupakan rangkaian rantai pasok hingga pada akhirnya menghasilkan produk akhir yang dapat dipergunakan secara fungsional oleh konsumen. Sistem produksi ini ditinjau dari posisinya antara industri dari hulu hingga ke hilir. Output yang dihasilkan satu sistem produksi dapat menjadi input sistem produksi lainnya. Klasifikasi sistem produksi berdasarkan posisinya antara industri hulu ke hilir meliputi :

  1. Cradle to Cradle Sistem produksi yang mengekstraksi, mengeksplorasi dan/atau membudidayakan sumber daya alam selanjutnya masih membutuhkan proses memisahkan dengan pengotor (separasi atau pemurnian)
  2. Cradle to Gate Sistem produksi yang mengekstraksi, mengeksplorasi dan/atau membudidayakan sumber daya alam sehingga menghasilkan bahan mentah atau bahan baku industri lainnya
  3. Gate to Gate Sistem produksi yang mengolah input (bahan mentah, bahan baku atau bahan setengah jadi) menjadi output yang bernilai tambah (bahan setengah jadi atau produk akhir) untuk industri lainnya atau konsumen
  4. Gate to Grave Sistem produksi yang mengolah sampah atau limbah dari industri atau konsumen agar tidak menjadi polutan dan telah ramah bagi lingkungan.


Sumber : Tabloid Steelindonesia



Artikel Lainnya