Login | Registrasi

Proyek Tol Semarang Batang Mulai Awal Tahun 2017

  • 10 Januari 2017
  • 15:44:07
  • dedipe
  • Lainnya

PT Jasamarga Tbk (JSMR) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menargetkan kontruksi proyek tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer (km) mulai pada awal tahun 2017.

PT Jasamarga Tbk (JSMR) dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) menargetkan kontruksi proyek tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer (km) mulai pada awal tahun 2017.

Saat ini, keduanya tengah dalam proses pembentukan anak usaha yang akan mengembangkan ruas tol tersebut.

Direktur Utama JSMR, Adityawarman mengatakan pembentukan anak usaha tersebut ditargetkan rampung akhir April ini dan pembebasan lahan dimulai pada awal Mei mendatang.

"Kita targetkan bisa mulai kontruksi awal 2017. Jadi kita akan kejar pembebasan lahan selama delapan bulan," katanya di Jakarta baru-baru ini.

Untuk membebaskan lahan di proyek tol tersebut, JSMR akan menyiapkan dana sebesar Rp 546 miliar. Saat ini JSMR tengah menjajaki pinjaman bank sebesar Rp 3 triliun untuk menalangi dana pembebasan lahan sembari menunggu pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) yang akan menangani pembebasan lahan di proyek tol.

Adityawarman bilang, jika lahan telah tersedia pembangunan jalan tol tersebut hanya membutuhkan waktu 1,5 tahun agar rampung. Dengan begitu, tol sepanjang 75 km tersebut akan selesai dibangun pada pertengahan tahun 2018. Pembangunan proyek tol tersebut akan diserahkan kepada WSKT sebagai rekanan.

Seperti diketahui, JSMR dan WSKT baru saja memenangkan tender proyek Batang-Semarang. WSKT memegang porsi 40% dan 60% selebihnya milik JSMR. Total investasi untuk proyek ini ditaksir mencapai Rp 7,23 triliun.


Sumber : jateng.tribunnews.com



Berita Lainnya