Login | Registrasi

Keuntungan Penggunaan Struktur Baja Pada Jembatan

  • 24 Februari 2018
  • 09:56:55
  • 4
  • Lainnya

Pengerjaan pembangunan jembatan semakin giat dilakukan oleh pemerintah.

Pengerjaan pembangunan jembatan semakin giat dilakukan oleh pemerintah. Jembatan yang dapat dilalui bisa digolongkan berdasarkan fungsinya seperti jalan raya, jalan kereta api, pejalan kaki, dan semacamnya. Secara struktur dapat dibagi ke dalam kategori bahan dari baja atau beton. Walaupun baja sudah umum digunakan dalam konstruksi jembatan, tapi kemajuan terakhir di teknologi material besi baja telah memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan perencanaan jembatan.

Tapi baja juga memiliki kelemahan seperti, bisa berkarat dan lebih berisik jika dilewati beban seperti kereta api. Karena itu mulai dikembangkan baja mutu tinggi yang tahan lama terhadap korosi jika jembatan berada di daerah laut yang kadar garamnya tinggi. Untuk mengatasi kebisingan , maka dikembangkan beton komposit dengan baja di atas permukaannya, sehingga bisa menurunkan tingkat kebisingan.

Salah satu keuntungan besi baja dalam masalah keamanan strukturnya adalah besi baja mempunyai kekuatan struktur yang pasti bila dibandigkan dengan beton yang kekuatan strukturnya berubah berdasarkan campuran semen dan airnya. Karena diproduksi di pabrik, besi baja mempunyai kualitas yang seragam dan ketelitian ukuran yang tinggi daripada beton. Beban angin juga menjadi lebih kecil dalam jembatan yang memakai material baja.

Beberapa hal yang membuat jembatan baja menawarkan beberapa keuntungan daripada beton,

1. Besi baja mempunyai kuat tarik  dan kuat tekan yang tinggi, sehingga dengan material yang sedikit bisa memenuhi kebutuhan struktur.

2. Dapat menghemat tenaga kerja karena besi baja diproduksi di pabrik, sehingga  di lapangan hanya tinggal pemasangannya saja.

3. Jembatan baja bisa dengan mudah diperbaiki dari karat yang menyebabkan penurunan kekuatan strukturnya.

4. Pemasangan jembatan baja di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan jembatan beton dan memerlukan ruang yang relatif kecil di lokasi konstruksi. Ini adalah salah satu  keuntungan  dari jembatan baja ketika lokasi itu berhubungan dengan lokasi proyek yang padat dan sempit.

5. Rendahnya biaya pemasangan, jadwal konstruksi yang lebih cepat, dan keselamatan kerja sewaktu pemasangan lebih terjamin.


Sumber : Tabloid Steelindonesia



Berita Lainnya